Memperbaiki TV Cina Tegangan Drop Semua (tv votre/wecom)

 Memperbaiki TV Cina Tegangan Drop Semua (tv votre/wecom)

TV China Tegangan Drop Semua - Pada saat pertama kali dinyalakan tv mati total bahkan lampu indikator tidak menyala. tv ini merek votre dengan menggunakan mesin tv rakitan atau orang sering menyebutnya dengan tv china. Mungkin kerusakan ini juga berlaku untuk beberapa merek tv rakitan lainnya.

Pengukuran tegangan pada beberapa titik output sekunder regulator, semua tegangan drop semua. Namun anehnya tv china ini tidak standby,  ini terbukti ketika power standby coba di startkan tidak ada reaksi tegangan apapun ketika di monitoring mengunakan vdc meter pada bagian b+115volt dan tegangan 27 volt tegangan vertikal..

Pada bagian b+ terukur tegangan 70 volt saja sedangkan pada bagian yang lain tidak keluar tegangan. Muncul dugaan ini disebabkan pada salah satu output ada yang short , misalnya pada ic vertikal, dan juga pada blog horizontal misalnya transistor short maupun flybacknya.

Langkah Memperbaki TV China Tegangan Drop Semua

Hal pertama adalah mencopot pada bagian b+ 115 volt yang menyuplay flyback. Namun setelah kembali di ukur tanpa beban ternyata tegangan masih drop terukur 70 volt.

Kedua mencoba melepas beban pada vertikal blog. Namun ini masih nihil sambil sesekali mencoba untuk menstartkan tv menggunakan remot namun tidak ada reaksi apapun. lah jelas saja tidak akan ada reaksi wong tegangan 5 volt ke ic jungle tidak ada.

Kemudian kecurigaan berlanjut pada bagian blog PSU primer. Kuat dugaan Permasalahan tegangan drop pada tv china juga bisa disebabkan oleh blog primer mengalami masalah.

Biasanya kerusakan pada bagian power suplay blok primer dengan gejala tegangan drop terjadi pada sekunder disebabkan oleh komponen pendukung yang bekerja untuk umpan balik ke basis transistor utama.

Cara paling mudah untuk mengukur komponen pasif pada blok regulator yaitu dengan mengukur satu persatu komponen berupa resistor dan dioda zener.

Untuk menandai kerusakan dioda hanya mengandalkan apakah dioda sudah bocor atau belum, kemudian untuk resistor mengandalkan nilai yang didapat dari suatu impedansi.

Karena untuk pengukuran harus dalam keadaan pasif semua komponen harus di lepas dari rangkaian. Namun itu akan lama, saat nanti memasangnya kembali. Salah satu cara agar pengerjaan bisa singkat, kita bisa mencopot salah satu kaki, dari komponen komponen yang akan kita ukur sehingga komponen dalam keadaan pasif. Ini berlaku hanya untuk komponen pasif saja , untuk komponen berupa transistor dan ic harus mencopot untuk memastikan agar komponen dalam keadaan pasif.

Hasil dari pencarian komponen rusak pada bagian blok primer didapati sebuah komponen resistor ukuran 560 ohm dengan no rangkaian R510 mengalami putus.

Komponen rusak hanya berupa resistor saja, karena pada bagian dioda dan komponen pasif lainnya di sekitar primer tidak ada yang jebol.

Dengan penuh keyakinan hanya r510 ukuran 560 ohm yang mengalami kerusakan,.

Ternyata permasalahan ini hanya disebabkan oleh resistor r510 pada bagian primer regulator bisa mengakibatkan tegangan output pada tv china mengalami drop semuanya.

Kesimpulan 

Bisa pastikan bahwa kerusakan dengan gejala tv china tegangan drop semua tidak pasti, karena setiap kerusakan bisa jadi penanganan berbeda. untuk itu artikel ini hanya sebagai referensi saja sebagai acuan untuk memperbaiki.

Di artikel terdahulu mungkin saya pernah membahas tentang tv china drop dan kali ini saya mengalaminya dengan berbeda bagian komponen yang mengalami kerusakan.

Bisa jadi kerusakan juga disebabkan oleh bagian sekunder, misalnya disebabkan oleh beberapa komponen utama berupa transistor horizontal, vertikal, elko primer kering juga bisa memicu kerusakan pada bagian tegangan.
Baca juga:teknik analisa kerusakan tegangan tv china drop
demikian semoga bermanfaat.

0 Response to " Memperbaiki TV Cina Tegangan Drop Semua (tv votre/wecom)"

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel