Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Data dan Persamaan Transistor BD136 PNP

Transistor BD136 merupakan transistor seri BD jenis PNP yang dapat digunakan untuk mengontrol beban berat karena memiliki nilai arus kolektor yang tinggi yaitu 1,5A. Sekilas transistor ini bentuknya mirip dengan transistor 139 dan 140 yang beredar luas di pasaran indonesia. Lebih dari itu, kemungkinan transistor BD136 akan digunakan jika mudah didapat. Apabila sulit didapat di daerah anda, informasi ini sangat tepat anda temukan tentang Data dan Persamaan Transistor BD136 PNP. Degan demikian anda bisa memilih transistor pengganti dari BD136. 

Data dan Persamaan Transistor BD136 PNP
Soldiradem.com - letak kaki dan jenis Transistor BD136 PNP 

Pinout Kaki Transistor BD136

  1. Emitor
  2. Collektor
  3. Basis

Data dan fitur transistor BD136

  • Transistor PNP 
  • Penguatan Arus DC Tinggi (hFE),  80 IC = 10mA
  • Arus Kolektor Kontinu (IC) a= 1,5A
  • Tegangan Kolektor-Emitter (VCE) = 45 V
  • Tegangan Kolektor-Base (VCB) = 45V
  • Tegangan Breakdown Basis Emitter (VBE) = 5V
  • Penguatan arus DC (hfe) = 40 hingga 250
  • Tersedia dalam paket To-225
  • Body Plastik

Transistor mendekati BD136

Transistor BD135 PNP merupakan spesifikasi paling tepat untuk menggantikan BD136

Transistor pengganti jenis PNP 

Anda dapat mengganti transistor BD136 dengan transistor di bawah ini:

Deskripsi Singkat tentang Transistor BD136

BD136 adalah transistor PNP sehingga kolektor dan emitor akan tertutup, ketika pin basis ditahan di tanah dan akan terbuka , ketika sinyal diberikan ke pin basis. Di sinilah transistor PNP berbeda dari transistor NPN, jika Anda mencari jenis NPN yang setara, periksa transistor BD135.

BD136 memiliki nilai gain 40 sampai 250, nilai ini menentukan kapasitas amplifikasi transistor. Jumlah arus maksimum yang dapat mengalir melalui pin Kolektor adalah 1,5A, sehingga kita tidak dapat menghubungkan beban yang mengkonsumsi lebih dari 1,5A menggunakan transistor ini. Untuk bias transistor kita harus menyuplai arus ke pin basis, arus ini (IB) harus dibatasi hingga 5mA dan tegangan melintasi pin basis Emitor harus 5V.

Ketika transistor ini sepenuhnya bias maka dapat memungkinkan maksimum 1,5A mengalir melintasi kolektor dan Emitor. Tahap ini disebut Wilayah Saturasi dan tegangan tipikal yang diizinkan melintasi Collector-Emitter (VCE) atau Base-Emitter (VBE) masing-masing bisa menjadi 45V dan 45V. 

Ketika arus basis dihilangkan, transistor menjadi mati sepenuhnya, tahap ini disebut sebagai Daerah Cut-off dan tegangan Base Emitter bisa sekitar 500 mV.

Di mana menggunakan Transistor BD136

Transistor BD136 merupakan penguatan PNP transistor. Dapat digunakan untuk mengontrol beban berat karena memiliki nilai arus kolektor yang tinggi yaitu 1,5A.

Transistor BD136 dikemas dalam body plastik, sedangkan sebagian besar transistor daya medium hanya tersedia dalam kemasan logam, maka tidak akan terpengaruh oleh kebisingan lain di rangkaian.

Karena fitur ini transistor ini banyak digunakan dalam aplikasi amplifier.

Jadi jika anda sedang mencari transistor PNP berdaya sedang, maka Transistor BD136 mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anda.