Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

TV China Vertikal Semua Komponen Telah Diganti tapi masih satu garis horizontal

TV China Vertikal Semua Komponen Telah Diganti tapi masih satu garis horizontal

Kali ini saya akan memperbaiki Kerusakan Vertikal semua komponen telah diganti tapi masih satu garis horizontal. untuk tegangan sebenarnya di bagian blog vertikal sudah normal semua dan vertikal sudah bekerja. Tapi layar tetap tidak bisa membuka.

Tanda bagian blog sudah normal ketika saya sentuh pada bagian input dari kaki 1 ic vertikal telah ada reaksi dilayar ada getaran ini pertanda bahwa blog vertikal output normal tapi jalur input ada kerusakan.

Untuk memperbaiki dengan kerusakan semacam ini kita harus memastikan untuk mengecek tegangan normal pada bagian ic vertikal la78040 berikut ini:

  • pin 1 = 3,6 volt
  • pin 7 - 3,6 volt 
  • pin 2 = 27,9 volt 
  • pin 7 = 27,6 volt 
  • Pin Out yoke 15 volt 
  • Pastikan bahwa tegangan 26-27 volt untuk suply ic vertikal sudah normal. 
  • cek tegangan input sinyal dari ic Micom 

Raba pin 1 jika tidak bergerak kemungkinan terjadi kerusakan pada output sedangkan jika ada reaksi ketika di raba pada pin 1 ic vertikal itu tanda output vertikal normal. 

Kerusakan tidak terselesaikan dengan segala komponen bagian vertikal telah diganti tapi tetap mengalami kerusakan garis mendatar.

tv china satu garis horizontal komponen dan tegangan vertikal normal

Ternyata Hal ini disebabkan karena tegangan 5 volt ke ic micom drop jalur ini juga menjadi satu dengan jalur tuner. Anda bisa mencoba copot kaki yang ada di kaki jalur tuner. Jika tidak keluar tegangan 5 volt juga setelah dicopot pada bagian tuner berbarti memang kerusakan terjadi pada sistem penurunan tegangan yang dihandle oleh transistor npn.


Supply ic micom 5 volt ini berasal dari tegangan 12 volt regulator yang kemudian dikonversi oleh transistor c2363/c2383/c2373. transistor v518 short .


Baca juga: penyebab kerusakan tv china layar pelipat bagian atas


Terkadang saat transistor ini diganti dengan yang baru tetap tidak mengubah keadaan. anda bisa menggunakan tegangan buatan menggunakan ic 7805 untuk mendapatkan tegangan 5 volt ke ic micom. caranya kaki satu input, kaki dua ground, dan kaki tiga output. 


Selain tegangan 5 volt terkadang juga disebabkan oleh Kerusakan bisa terjadi karena sinyal dari ic micom.


Input kaki pin 1 tidak ada tegangan 3,6v.


Jika output vertikal normal itu bisa disebabkan oleh kerusakan dari ic micom. sering terjadi drop pada bagian 5 volt satu jalur dengan blog tuner ada tulisan vcc volt. 


Transistor c2363 , 2673 bisa diganti dengan 7805.


Baca juga: tv china layar menyempit saat panas


Demikian semoga bermanfaat!!!


Ini adalah salah satu pembelajaran penting bagi saya karena pernah gagal menangani kerusakan vertikal meski diganti ic vertikal beberapa kali tetap sama saja., saya kira ini kesalahan saya mengganti ic baru yang tidak original namun ternyata kesalahannya hanya pada tegangan ic utama.

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Hobi dengan dunia elektronika. Dan blog ini menjadi catatan pengalaman dalam memperbaiki perangkat elektronik. Soldiradem Blog sebuah situs catatan Pengalaman dan keterampilan yang saya pelajari.

Posting Komentar untuk "TV China Vertikal Semua Komponen Telah Diganti tapi masih satu garis horizontal"