Mengatasi Power Dengung Mengikuti Volume

Soldiradem Blog -  Baru baru ini saya menemukan sebuah pengalaman menarik mengatasi power dengung mengikuti volume. Jadi ketika volume diputar maka dengung juga bertambah. Hal ini sering terjadi pada power yang menggunakan tone control. Bagaimana cara mengatasinya? Mari kita bahas lebih dalam.

Cara yang saya bagikan mengatasi power dengung ini saya dapatkan dari pengalaman-pengalaman saat merakit maupun memperbaiki power amplifier dengan gangguan dengung, terutama Power yang menggunakan tone control dalam satu box maupun power ampli untuk mesin speaker aktif. 

Jadi pengalaman terbaru yang saya dapatkan adalah pengalaman dari kawan saya yang membawa sebuah mesin speaker aktif rakitan. Mesin power amplfier yang menggunakan tone control, kerusakannya suara power dengung mengikuti volume. 

Permasalahannya sederhana dimana ketika tidak menggunakan tone control power tidak ada gangguan atau senyap tanpa gangguan. Tetapi ketika menggunakan tone control terjadi gangguan. Apakah terjadi kerusakan pada tone control? Ternyata bukan hanya tone contol  nya saja yang bermasalah tetapi juga ada sumber lain yaitu mp3 bluteooth. 

Jadi saya pecahkan masalah ini menjadi dua hal yaitu antar gangguan dengung tone control dan mp3 bluetooth. 

1. Dengung Tone control 

Untuk mengatasi power amplifier dengung yang menggunakan tone control, kita bisa lakukan adalah menjumper body potensio dengan ground seperti halnya yang saya bahas di cara menghilangkan dengung speaker aktif. Namun hal tersebut telah saya lakukan ternyata hanya sedikit meredakan dengung power amplfier. Lantas Apa selanjutnya? 

Power dengung ini kebanyakan kasus di tone control adalah pada bagian control bass. Dimana pada rangkaian tersebut sangat sensitif terhadap gangguan. Ketika kita dekati menggunakan tangan dengan volume jam 5 maka akan terdengar dengung. Ketika volume bass dikecilkan maka dengung akan berkurang drastis meskipun volume tone control dibesarkan. Jadi permasalahan power dengung mengikuti volume disebabkan oleh control bass. Bagaimana cara mengatasinya. 

a. Jumper body potensio ke ground. 

Mengatasi Power Dengung Mengikuti Volume

Hal ini sangat efektif menghilangkan dengung mengikuti volume. Jumper semua body potensio menggunakan seutas kabel tembaga. Kemudian dihubungkan ground. Namun jika masih dengung mengikuti volume maka ada permasalahan lain yaitu tegangan. 

b. Tegangan bermasalah 

Tegangan ripel mengakibatkan kerja tone control akan mengalami gangguan. Jadi meskipun diberikan groiuunding pada body potensio dan box sudah menggunakan besi tetapi tidak mampu mengatasi power dengung maka cek kembali sumber tegangan untuk tone control. 

Jadi kawan saya ini membuat sumber supply untuk tone control ini bersebumber dari tegangan ekstra trafo. Pada sekunder nya menggunakan dua dioda saja. Dimana ini sebuah kesalahan dan akan mengakibatkan tegangan riple karena mungkin trafo yang digunakan kurang berkualitas. 

Mengatasi Power Dengung Mengikuti Volume

Setelah saya menggunakan sistem bridge pada power suplai dapat meredakan gangguan dengung power amplfier. Selain karena sistem dioda yang salah ternyata ketika tegangan over juga dapat mengakibatkan gangguan dengung. jadi pada sumber trafo saya hubungkan dengan tegangan ac 8 volt.  karena ketika menggunakan tegangan 12 v ac akan keluar tegangan dec sebesar 15 volt lebih.

Jadi anda harus selalu ingat ketika membuat tegagan untuk tone conrtol harus menggunakan sistem dioda bridge agar tidak terjadi gangguan dengung dan juga tegangan jangan over 12vdc. jika perlu gunakan ic 7812 agar tegangan lebih aman. 

2. Dengung Bersumber dari mp3 bluetooth

Permasalahan selanjutnya adalah mp3 player. mp3 player ini juga sensitif terhadap gangguan. bahkan radiasi dari trafo dapat masuk ke dalam sinyal audio bluetooth. Jadi jauhkan rangkaian mp3 dari sumber tegangan. 

Kemudian mp3 player ini akan mengakibatkan power dengung ketika menggunakan tegangan sembarangan. Misalnya suplai berasal dari tegangan yang sama dari tone control maka ini akan menjadi masalah power dengung. 

Jadi ketika saya mencoba untuk menggunakan sumber lain untuk menyalakan mp3 maka mp3 tidak menyebabkan power dengung mengikuti volume. 

baca juga: 3 cara mengatasi mp3 bluetooth dengung dan nois

Bagaimana agar tidak menggunakan sumber lain untuk menyuplai mp3. Saya mencoba menggunakan sumber tegangan dari yang digunakan tone control. Namun pada tegangan saya setabilkan menggunakan ic 7812. Hasilnya meredakan dengung karena mungkin ic berguna untuk meredam tegangan riple dari trafo. Namun lebih senyap lagi kalau menggunakan suplai sendiri. 

Begitulah pengalaman saya dalam mengatasi power denung mengikuti volume. Saya menemukan sumber permasalahan pada power supply yang menggunakan dua dioda dan akhirnya bisa selesai menggunakan sistem dioda bridge. Dan pada bagian mp3 ditambahkan ic 7812.

Semoga bermanfaat!!!

Lebih lanjut bisa baca cara mengatasi deungung amplifer rakitan

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.