Skema Driver Amplifier NKRI Horn Toa Disertai Data Respon

Kali ini Soldiradem Blog akan berbagi hasil penelitian saya tentang skema sebuah driver yang terkenal dengan nama Amplifier Horn TOA. Sebuah kit amplifier yang terkenal karena memiliki karakter suara midel yang mirip dengan karakter horn TOA. Dalam penelitian ini, saya menggunakan praktikum mencoba driver secara langsung dan juga secara simulasi. Keduanya tidak jauh berbeda dan memiliki validasi antara kenyataan dan data secara sistematis. bahwa ini juga untuk memvalidasi antara simulasi dan realitas itu tidak akan berbeda jauh. menjadikan saya semakin yakin bahwa simulasi ini sangat bermanfaat untuk membaca sebuah rangkaian driver power amplifier. sumber yang valid untuk dijadikan referensi sebelum memutuskan untuk merakit dengan amplifier karakter tertentu.

Skema Amplifier NKRI Horn TOA

Berikut adalah hasil dari gambar ulang dari PCB yang beredar di pasaran.

Skema amplifer nkri horn toa
Skema di atas bisa menjadi gambaran bagaimana driver ini bekerja di bagian bias menggunakan dioda sebagai pembentuk tegangan bias. pada transistor driver yang menggunakan tip karena di dalam multisim untuk komponen toshiba belum bisa di update. 

1. Asal Skema Driver Amplifier Horn TOA

Setelah saya amati dari PCB dan saya gambar ulang skemanya kemudian mencari di internet tentang skema yang mirip dengan skema driver ini. Saya menemukan sebuah skema yang mirip dengan skema driver amplifier horn TOA ini yaitu Driver Amplifier NKRI bootstrap. Kemudian di sisi lain ada penjual PCB yang mengatakan bahwa ada label NKRI horn TOA tertulis di PCB. Maka saya bisa menyimpulkan bahwa skema driver amplifier untuk horn TOA ini adalah hasil modifikasi karakter asli dari NKRI menjadi karakter horn TOA. Driver NKRI bootstrap ini didesain oleh Erikson.

Ada beberapa perubahan komponen di NKRI horn TOA dan NKRI bootstrap. Dimana pada beberapa komponen diubah menjadi lebih ringkas untuk memunculkan suara mid-high terutama di bagian resonansi feedback.

Yang benar-benar mirip adalah desain pada bagian differential. Di bagian ini menggunakan sistem simetris dan menggunakan VR di salah satu sisi untuk menyeimbangkan bias dan mengecilkan DC offset.

2. Karakter Driver Amplifier NKRI Horn TOA

Jika Anda pernah merakit driver amplifier ini Anda akan mendengar karakter midel mihg yang cukup lantang dan minim sekali terdengar bass. Hal ini karena memang pemodif ini menginginkan karakter driver ini mirip dengan respon horn TOA. Dimana tujuannya adalah tidak merusak spol speaker dan memaksimalkan respons terbaik dari speaker horn TOA. Jadi alasan inilah yang menjadikan driver amplifier terlaris sepanjang tahun ini. Dan sudah banyak yang membahas. Saya hanya menambahkan sebuah data yang valid tentang tentang respons frekuensi terbaik dari hasil penguatan driver amplifier NKRI horn TOA ini secara data hasil simulasi multisim.

3. Respon Frekuensi Skema NKRI Horn TOA

Respon frekuensi ampli horn toa
Grafik respon penguatan frekuensi 

Rentang respon frekuensi untuk speaker horn TOA adalah 200kHz - 6kHz speaker. Nah untuk NKRI horn TOA ini memiliki puncak di 1 kHz sehingga karakternya memang mid-high. Tapi kita bisa melihat bagaimana gunung grafik terbentuk tidak simetris antara frekuensi rendah dan tinggi. Frekuensi rendah itu landai. Sedangkan frekuensi tinggi terbentuk curam sehingga kita bisa menyimpulkan bahwa respons untuk high frekuensi lebih rendah daripada respons mid-low. Untuk lebih jelasnya anda bisa membaca artikel tentang respon frekuensi driver ampli nkri horn toa

4. Daya Maksimum Skema Horn TOA

Saya mendapatkan data hasil simulasi dengan menggunakan beban 8 ohm maka kita akan mendapatkan daya sebesar 110W sebelum clip. Suplai yang digunakan adalah 45 VDC dengan asumsi dari trafo 32VAC.

Tegangan di dalam simulasi tidak ada toleransi drop sehingga kita simpulkan secara realitas bahwa driver ini hanya mampu di 100 watt di 8 ohm saja sehingga daya ini cocok dengan daya speaker horn TOA.

5. Kelemahan Skema Driver Amplifier Horn TOA

Tentu sebuah driver power amplifier memiliki kelemahan dan kelebihan. Kelebihan yang akan kita dapatkan menggunakan driver amplifier horn TOA ini adalah tanpa crossover aktif kita sudah aman menggunakan untuk horn TOA tanpa khawatir akan frekuensi sub yang akan mengganggu efisiensi dari membran speaker TOA yang kecil. Dan tidak khawatir akan frekuensi bass yang mengakibatkan mudah jebol pada spul TOA.

cacat sinus amplifier horn toa
Terjadi cacat sinus hasil penguatan di nkri horn toa

Kelemahannya adalah bahwa driver ini sebenarnya kurang begitu jernih. Ada cacat frekuensi di frekuensi yang di boosting yaitu 1 kHz. Sinus yang di dapat dari penguatan ada bengkok sehingga kemungkinan ada suara yang cacat dari hasil produksi. Namun itu hanya simulasi. Karena saya belum mencoba cek sinus secara nyata menggunakan osiloskop. Jadi jangan di validasi sebelum anda sendiri mencoba mengukurnya.

Baca juga: tips merakit amplifer mkri horn toa agar suaranya maksimal

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

Posting Komentar untuk "Skema Driver Amplifier NKRI Horn Toa Disertai Data Respon"