Respon Frekuensi Driver NKRI Horn TOA

Respon Frekuensi Driver NKRI Horn TOA  - Salah satu pertimbangan yang penting ketika Anda akan menggunakan seorang driver power amplifier adalah karakter hasil penguatan dari driver tersebut, apakah memiliki karakteristik tertentu atau justru datar. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami tentang respon frekuensi yang dikuatkan oleh driver power amplifier.

Kali ini, saya akan berbagi hasil penguatan dari sebuah driver NKRI horn TOA. Driver ini sebenarnya memiliki karakter yang kokoh untuk bass, tetapi dirancang untuk karakter midrange sesuai dengan respon horn TOA.

Horn TOA memiliki respon di rentang 200 Hz hingga 6 kHz. Dalam rentang tersebut, speaker TOA bekerja secara efektif, sehingga dalam pemilihan aksesoris, kita harus membuat titik silang (cross point) yang sesuai agar speaker TOA dapat bekerja secara efisien.

Baca juga: Skema nkri horn toa

Driver amplifier NKRI horn TOA telah memenuhi titik silang respon karakteristik horn TOA tersebut. Sehingga tidak perlu lagi melakukan pengaturan titik silang, speaker sudah bekerja secara efisien dan aman dari hentakan bass subwoofer. Meskipun terdapat fitur low cut filter dari speaker TOA sendiri, namun lebih aman jika frekuensi rendah telah dipotong.

Grafik respon frekuensi adalah sebagai berikut:

Respon Frekuensi Driver NKRI Horn TOA

Hasil penguatan dari driver NKRI horn TOA ini menunjukkan penurunan yang cukup signifikan pada frekuensi tinggi setelah melewati frekuensi 1 kHz. Meskipun karakternya lantang, tetapi tetap tebal. Namun, saat menggunakan karakter midrange yang telah ditingkatkan di mid-high, akan terjadi peningkatan ganda sehingga kemungkinan distorsi pada speaker dapat terjadi.

Baca juga tips merakit amplfier untuk horn toa

Tegangan 45 VDC akan menghasilkan daya sebesar 110 W pada 8 ohm, dan 207 watt pada 4 ohm sebelum mencapai clip. Tegangan 45 VDC ini berasal dari trafo 32 VAC CT. 

Baca juga: speaker yang cocok untuk speaker horn toa

Video untuk karakter respon driver power amplifier horn toa



Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.