Cara Memperbaiki TV Polytron Mati Total

Memperbaiki TV Polytron Mati Total
Cara Memperbaiki TV Polytron Mati Total
Memperbaiki tv polytron slim mati total - Gejala awal, tv ketika dinyalakan tidak ada reaksi apapun. Lampu indikator tidak nyala. Namun arus, sudah masuk ke power suplay. Terkadang juga disertai bunyi cuit pada area power suplai regulator.

Memperbaiki tv dalam keadaan mati total pertama yang perlu dicek jika gejalanya sudah kita ketahui maka akan mudah. Dengan begitu tau dimana yang meski dioprek.



Devinisi tentang mati total ialah antara lampu indikator menyala dan lampu indikator tidak menyala. led menyala tidak bisa start kadang diartikan dengan mati total dan terkadang di artikan standby. Namun sejatinya mati total tidak menunjukan reaksi apapun ketika dinyalakan.

Penyebab Tv Polytron Mati total

Permasalahan pada kerusakan tv polytron mati total di sebabkan oleh regulator primer maupun sekunder. Memiliki dua kemungkinan yang harus di kenali sebelum lebih lanjut mengenai polytron ini. 

1. Kerusakan Regulator polytron bagian Primer

Regulator atau power suplay polytron slim biasanya hampir sama yaitu menggunakan jenis fet 7n65c. Jika fet ini rusak maka bisa berakibat regulator tidak bekerja sehingga menyebabkan tv polytron mati total lampu indikator tidak menyala.

Jika arus listrik sudah masuk kedalam rangkaian namun tidak memberikan reaksi apapun, maka harus berhati-hati . Cek dulu pada bagian elco 400v. Karena meskipun TV tidak terhubung dengan listrik, elco ini biasanya menyimpan muatan listrik. Akan sangat berbahaya jika tidak di hilangkan terlebih dahulu. Tanda elko ini mengisi adalah saat ada bunyi cuit pada area regulator.
Elco 400 volt masih memuat tegangan ini tanda bahwa fet 7n65c belum bekerja atau tidak bekerja. Untuk itu, perlunya memeriksa semua komponen yang terhubung dengan fet ini. Terutama komponen aktif yaitu transistor t508 ,t509,t507 dan komponen utam ic 501 7n65c.

Elco yang masih menyimpan meski sudah jangka waktu lama sejak diputus dari arus, ini menandakan bahwa pada bagian + elco tidak menyuplay apapun. Hal ini dusebabkan oleh R534 putus atau bisa juga transistor t 508 putus.

Namun apabila elco masih menyimpan tapi masih bisa habis perlahan ini menandakan bahwa masih ada transistor yang bekerja. Sehingga dapat menghabiskan sisa arus yang masih tersimpan di elco filter 400 volt.

Jika tv polytron slim mati total disertai mcb rumah anjlok maka ini menandakan bahwa ada komponen yang short. Ini biasanya di sebabkan ic 501/7n65c short antar kaki.  keadaan short terjadi pada ic 501 jangan langsung diganti dengan yang baru. Hendaknya cek transistor pendukung seperti A1515 c1815 cek semua tiga transistor yang ada di blog regulator primer tersebut.

#Fet 7n65c jebol terus

Kerusakan mati total dengan ditandai kerusakan pada komponen fet 7n65 pada regulator haruslah teliti sebelum mengganti FET jika ada masalah pada rangkaian regulator dapat mengakibatkan fet ini jebol lagi. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu:

A. Tidak adanya tegangan gate pada kaki 1, fet 7n65c. Jika belum ada cek transistor t508,t509,t507,d515d. Pastikan bahwa tegangan pada gate sebesar 3-4 volt.

B. Shortnya pada capasitor c520/102j 2kv.

C. Fet berkualitas rendah atau palsu. Namun hal ini tidak secara langsung. Kematian fet akan terjadi dalam jangka waktu tertentu karena tidak awet.

D. Rusaknya trafo regulator. Menurun kualitas inpedansi sehingga fet tidak kuat menahan arus pendek akibat menurutnya impedansi trafo.

2. Kerusakan regulator polytron bagian sekunder

Keusakan tv polytron mati total tidak sermerta disebabkan oleh blok primer regulator namun bisa juga disebabkan oleh sekunder regulator yang bermasalah. Oleh sebab itu perlu diperhatikan ketika menemui kerusakn tv polytron mati total.

 Dalam hal ini terkadang gejalanya memiliki perbedaan salah satunya lampu led masih menyala, tegangan regulator drop, atau kadang led indikator berkedip kedip.

Ada satu kerusakan paling parah ialah ketika menemukan gejala tv led berkedip kedip ialah terjadi short pada transistor horizontal. namun sebelum mengganti transistor horizontal ada baiknya anda mengecek pada bagian kapasitor damper jika transistor tidak ingin mengalami keruskan lagi. lanjut baca: cara memperbaiki polytron diva mati total disertai horisontal short

Atau jika tegangan output mengalami penurunan pada tegangan 10v maka bisa menyebabkan lampu indikator berkedip cepat. Karena kurangnya suplay ke ic utama.

Bisa juga disebabkan oleh ekco filter 10 v pada sekunder regulator yaitu elco ukuran 1000uf 25v/C503.

Regulator tv polytron slim sebenarnya sangat mudah diperbaiki asalkan kita tlaten ,tliti memeriksa satu persatu komponen yang ada sehingga menghindari penggunaan gatcun sebagai alternatif. Karena biasanya gatcun yang digunakan pada tv tidak bertahan lama. Namun kembali kepada waktu yang harus digunakan untuk memperbaiki regulator yang sulit di perbaiki. Jika ingin cepat, ya gunakan gatcun

Demikian mengenai cara memperbaiki tv polytron slim mati total lampu indikator tidak menyala semoga membantu bagi yang kesulitan dalam memperbaiki.

Baca juga: Cara paling sedrhana memperbaiki tv mati total 
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

3 komentar untuk "Cara Memperbaiki TV Polytron Mati Total"

andreas 3 Juli 2018 pukul 15.27 Hapus Komentar
klo layarnya menciut itu kena apanya ya gan?
solder uap
Unknown 13 September 2018 pukul 21.15 Hapus Komentar
Klw lampu indokator masih masihnyala tapi gk mau idup layarnya
Unknown 25 Oktober 2018 pukul 20.59 Hapus Komentar
Berapa volt teg di d fet nya??