Tips Memperbaiki TV Mati Total

Tips memperbaiki tv mati total -  Jika lampu masih menyala berarti tv tersebut mati strandby. Seperti itu perlu dipahami agar anda dapat membedakan sebuah gejala yang dialami oleh perangkat tv, sehingga anda dengan mudah menemukan penyebab terjadi kerusakan. Dengan demikian anda tahu langkah awal menemukan blog yang meski diperiksa.

Tips ini sengaja tulis secara khusus, setelah sebelumnya saya menulis mengenai cara servis tv mati total. Tips yang saya tuliskan kali ini lebih mengacu pada inti apa saja penyebab kerusakan dan bagaimana langkah penanganan tv dengan gejala mati secara total.

Pertama yang meski diperhatikan setelah mengetahui gejala ialah, menganalisa pada blog regulator/power Suplai. Jika tv mati disertai MCB PLN jeglek, ini menandakan bahwa ada komponen short berat. Dengan demikian, hal pertama yang perlu diperiksa, dioda bridge penyerahan arus 400v, dan kemudian baru ke ic /fet pembangkit tegangan yang biasanya menempel pada pendingin. 

Kebanyakan kasus tv mati total di sebabkan oleh kedua komponen tersebut. Namun ada juga penyebab lain, seperti; komponen dgausing posistor dan ntc keduanya short, ini sering terjadi pada tv cina. transistor horizontal short, juga menjadi penyebab tv mati total. Karena efeknya regulator menjadi overload sehingga tegangan tidak keluar. 


Kedua, Jika Gejala nya mati total tidak disertai anjloknya MCB pln, ini harus berahati-hati pada elco 400v. Karena biasanya menyimpan muatan apabila arus sudah masuk. Namun sebelum itu perlu cek apakah arus sudah masuk apa belum. Jika belum berarti yang bermasalah terjadi pada kabel atau saklar. Dengan memastikan bahwa arus sudah masuk namun tidak ada reaksi apa-apa , kita bisa mengukur elco filter 400v secara tidak kontak dengan jala-jala listrik. Jika elco masih ada tegangan ini menandakan bahwa transistor atau ic pada blog regulator belum bekerja. Dengan demikian perlu cek komponen pendukung seperti resistor yang menghubungkan antara elco kaki(+) menuju ke ic atau transistor. Biasanya molor atau putus. 

Ketiga, Jika tidak ada tanda resistor yang molor atau putus penyebab lainnya terjadi kerusakan pada ic/fet atau transistor pada blog regulator. Jika menggunakan jenis ic str ini sering sekali terjadi. Dimana ic dalam keadaan mati. Namun sebelum memastikan apakah ic utama yang rusak meski dahulukan pengecekan pada transistor pembantu ic regulator. Karena jika transistor pendukung mati, maka ic utama tidak bekerja. Pada beberapa kasus yang pernah saya alami jika elco mampu menyimpan tegangan dalam waktu yang lama ini menandakan bahwa transistor pendukung sama sekali tidak bekerja, namun jika dalam beberapa waktu tegangan yang tersimpan dalam elco hilang ini menandakan bahwa transistor pendukung ada yang bekerja atau malah menandakan ada short pada salah satu transistor. Dengan demikian , jika transistor sehat maka sudah dipastikan ic/fet regulator mati.


Keempat, mati total  memang sangat mudah diperbaiki jika kita tlaten dalam mengukur satu persatu komponen pada blog regulator. Jika tidak tlaten, dalam hal pengukuran komponen, kebanyakan memilih jalan pintas dengan menggunakan modul power Suplai gatcun atau kit regulator tv. Namun yang demikian itu, terkadang cepat rusak karena kesetabilan tegangan tidak sesuai dengan asli. Padahal dari pabrik pembuat tv sudah dirancang sedemikian rupa agar tegangan sesuai dengan sistem kerja pada tv. Jika tegangan dan arus berubah, ini biasanya akan menimbulkan kerusakan pada komponen lain. 

Hal terpenting dalam memperbaiki tv mati total, hendaknya lebih mengutamakan kualitas daripada kuantitas/kecepatan waktu. Karena dalam bisnis jasa yang dipertahankan adalah nama baik agar bisnis yang kita jalankan tidak kehilangan pelanggan karena kualitas garapan yang buruk. 


Terimakasih, telah membaca artikel saya. Semoga bermanfaat ¡_¡

1 Response to "Tips Memperbaiki TV Mati Total"

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel