PELAJARAN PENTING MENGGANTI MESIN TV WCOM SLIM

SOLDIRADEM BLOG - Sudah dua kali mendapatkan kesempatan mengganti mesin televisi slim china merek wcom. Banyak hal yang saya pelajari dan saya pahami. Karena pada proses penggantian mesin tv slim tidak berjalan dengan mulus. yaitu terdapat kerusakan pada komponen tertentu yang mengakibatkan tv langsung rusak seketika dalam waktu satu jam setelah proses runing test.

Ini adalah kejadian kedua kalinya saya mendapatkan hambatan dalam mengganti mesin tv slim. Untuk yang pertama, masalahnya pada layar dan rangkaian vertikal, dan yang kedua maslah pada horisontal. yang pertama tv lg slim diganti dengan mesi ntv wcom asli slim dan yang kedua tv polytron slim.

Jika biasanya saat saya mengganti mesin tv WCOM biasa, tanpa hambatan sedikitpun dan terbilang cukup awet, namun pada saat mendapat orderan mengganti tv model slim selalu ada hambatan. Hambata-hambatan itulah yang membuat saya terus belajar dan memepelajari kesalahanya dimana.
Berikut ini saya telah menyimpulkan beberapa pelajaran dan kesalahan saat mengganti mesin tv jenis slim.

#pelajaran pertama

Saya akan memulai dengan yang pertama dulu. yaitu saat pertama kali saya mendapatkan orderan jenis tv slim merek lg yang mana permasalahan dengan gejala, tv kadang normal namun beberapa saat kemudian tv tersebut layarnya satu garis horisontal di tengah layar disertai getaran pada garis tersebut seperti rambut yang terurai. Namun ketika tv dihidupkan tv normal lagi, kemudian setelah panas atau bebrapa saat tv kambuh lagi. masalah  ini membawa saya kepada pelajaran masalah kerusakan defleksi yoke vertikal dan mesin tv.

Pelajaranya adalah saya jadi tahu mengukur inpedansi sebuah defleksi yoke sebelum melakukan pemasangan mesin tv, terutama pada vertikal. Namun tidak kalah penting adalah pada bagian defleksi horizontal karena disitu kadang kunci keberhasilan dalam merakit sebuah tv slim menggunakan chasis tv china.

Padahal akar permaslahan pada penggantian tv lg slim tersebut terletak pada kerusakan defleksi vertikal yang kendor. sehingga kadang normal kadang Tidak. karena pada saat tv menyala, terdengar suara getaran yang lumayan bising bersumber dari defleksi yoke.

Jadi kesimpulan pada masalah ini bukan pada chasis yang bermasalah namun pada defleksi vertikal yang kendor.

jika dilihat secara fisik, defleksi yoke terlihat dalam keadaan baik. dan ketika diamati secara lebih detil, pada defleksi yoke terdapat beberapa lem sejenis kapur yang mengeras untuk merekatkan defleksi yoke. terlihat terkelupas pada lilitan defleksi vertikal. kemungkinan hal itulah penyebab paling kongkritnya. sehingga keruskan kadang normal kadang layar tiba-tiba bergelombang.
lanjut baca: tanda defleksi yoke rusak yang perlu kita ketahui

#Pelajaran  Kedua 

Pada kejadian kedua baru-baru ini saya alami dengan model tv slim polytron mengganti mesin dengan tv slim wcom menggunakan rangkaian ew, jika saya tuliskan transistor yang digunakan pada tv wecom transistor ew menggunakan tipe d2012. pada horizontal size bisa diatur menggunakan vr analog dan ewnya juga bisa diatur melalui vr juga.

Permasalahan yang dialami oleh tv polytron slim ini ketika diganti menggunakan mesin tv slim wcom diruninig test beberpa saat tiba-tiba layar menyempit kekiri dan kekanan.

Mungkin disinilah saya mendapatkan pelajaran yang sangat berarti. Karena semakin lama pengerjaanya kita jadi mendapatkan pelajaran yang lainya seputar permaslahan yang kita hadapi. jadi jika anda mendapatkan permaslahan yang tersulit sekalipun disitulah kita diajarkan berbagai macam pengalaman yang bisa menjadi bekal ketika menghadapi kerusakan yang akan datang.

Pelajaran yang paling saya ingat adalah ketika sebuah rangkaian televisi menggunakan rangaian ew mengalami masalah tidak hanya layar pada bagian kanan dan kiri melengkung namun juga layar menjadi lebih sempit pada bagian kanan dan kiri.

Hal ini terbukti ketika rangkaian tv pada output horizontalnya tidak saya pasang rangkaian ew semua saya putus dan saya menggunakan contoh sekema tv wcom biasa yang tidak menggunakan rangain ew. ternyata layar tv menjadi sempit.

perbedaan ketika rangkaian ew bermasalah misalnya transistor ew d2012 mengalami layar lebih sempit dibanding ketika transistor ew diangkat atau tidak dipasang.

masalahnya disni saya mencari transistor d2012 tidak juga ketemu sehingga dengan terpaksa saya memodif mesin tv yang semula menggunakan rangaian ew menajdi tanpa rengkaian ew. alhasil saya harus menggunakan teknik melebarkan layar tv dengan berbagai cara.
cara melebarkan layar tv yang kurang labar kiri kanan sudah saya tulis pada artikel sebelumnya yaitu 4 cara melebarkan layar tv yang kurang lebar kiri kanan. disana saya menjelaskan bagaimana cara melebarkan tv dengan 4 cara yang berbeda.

selain itu ketika rangkaina ew bermasalah atau mati tidak bekerja layar tv menjadi menyamping. Hal inI dibuktikan dengan tv yang juga menggunakan rangkaian ew. tidak hanya terjadi pada tv wcom saja. ketika saya coba melebarkan layar dengan mengubah nilai kapasitor yang berubah hanya pada bagian layar samping saja. sehingga ketika layar sudah penuh, gambar logo pada stasiun televisi pada salah satu sisi akan melebar, dan sisi yang lainya tidak terllihat.

nah itulah pelajaran yang dapat saya petik dari kejadian menganti mesin tv slim dengan menggunakan tv asli untuk slim. semoga juga  bisa menjadi tambahan wawasan untuk rekan sekalian.
semoga bermanfaat ya!

0 Response to "PELAJARAN PENTING MENGGANTI MESIN TV WCOM SLIM "

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel