Tips Sederhana Memperbaiki Speaker Aktif agar Tetap AWET

Tips Sederhana Memperbaiki Speaker aktif rusak

Tips sederhana memperbaiki speaker aktif agar tetap awet - Pernah beberapa kali memperbaiki speaker aktif yang cepat rusak, terutama pada power amplfier nya. Sehingga, ini mengakibatkan dampak yang kurang baik dari kredibilitas teknisi elektronik jika servisan kita cepat rusak. Oleh sebab itu saya pun mencari cara agar saat memperbaiki speaker aktif itu, awet tahan banting heheh.


Berikut ini akan saya shere kepada rekan semuanya beberapa pengalaman yang saya lakukan yang mudah mudahan bisa bermanfaat ketika mengalmai permasalahan yang sama. yaitu speaker aktif yang rewel. Daripada nanti balik ada komplain dari user lebih baik jika digarap dengan penuh kualitas, meskipun harga yang dibayar memang agak mahal.

TRANSISTOR FINAL JEBOL TERUS


Pertama yang paling sering rewel adalah speaker aktif yang menggunakan ampllifier jenis ocl 150 pada transistor final menggunakan tr 41 42. kebanyakan kerusakan sering terjadi pada transistor final karena banyak faktor. misalnya karena kerja transistor panas tidak dibarengi pendingin yang sesuai. Sehingga transistor akan mudah sekali jebol.
Baca juga: cara mudah memperbaiki speaker aktif
Fakta yang pernah saya alami atau rekan sekalian juga pernah alami mungkin, ketika mengganti transistor final dengan tipe yang sama akan mengalami jebol lagi setelah berselang beberapa bulan atau bahka beberapa hari. Nah untuk menangani hal ini yang kita butuhkan adalah solusi bagaimana agar transistor final tetap kokoh meski digunakan pada level power full.

1.Menggunakan tranistor yang asli.

2.menggunakan heatsing/pendingin yang lebih besar.

3.Jika perlu gunakan trnasistor final dengan daya yang lebih tinggi agar tetap kokoh dihajar level power full.

4.Ganti transistor driver jika ingin menggunakan transistor dengan daya yang lebih besar. Misalnya:

Bawaan transistor final menggunakan tip 41 42,dan ingin mengganti dengan c5200 sa19… biasanya pada transsitor driver menggunakan transistor c945 dan a733. maka harus diganti dengan transistor tip 31 32 agar kinerja mengimbangi transistor final.
Baca juga: cara mengatasi speaker aktif serak
Kemudian sering juga menemui kerusakan dengan gejala kadang setelah diservis tiba-tiba mati. Hal ini saya sering menemui penyebabnya yaitu, kabel yang diguakan terlalu sedikit serabut. sehingga terkena getaran secara terus menerus akan mengkibatkan kabel terputus. Selain itu juga disebabkan oleh kualitas timah yang buruk sehingga soderan terlepas pada kaki komponen.

Penanganan pada permasalahan ini perlunya upgrade pada semua kabel yang lebih besar, kemudian perbarui solderan pada seluruh kaki kompoen. Agar speaker aktif tetap awet.

B. SPEAKER AKTIF IC MUDAH MATI


Kedua terjadi pada speaker aktif yang menggunakan ic sebagai amplifiernya. Ini seringkali rusak pada bagian ic. Jika dilihat secara seksama memang pada bagian heatsing cukup minim sehingga wajar jika terjadi kerusakan pada amplifier. Tidak hanya terjadi pada amplifiernya saja namun juga terjadi pada power suplay yang menggunakan SMPS. Jika memperbaiki smpsnya saja, biasanya akan cepa sekali rusak.

Untuk menangani kasus speaker aktif dengan jenis ini, lebih simple dari yang menggunakan ampli ocl 150.

1.Jika ingin awet pada bagian amplifiernya ditambah heatsing.

2.Pada bagian SMPS diganti menggunakan trafo.

Memang dalam penerapan pada menggunakan trafo agak lebih ribet namun akan lebih lumayan awet daripada memperbaiki smps secara normal.

Selain itu, kita wajib memberitahukan penggunaan speaker aktif sesuai dengan normalnya. Misalnya pada satu kejadian ada seorang user bolak-balik ke bengkel saya, karena speaker aktif rusak lagi dan lagi ternyata setelah saya selidiki, user tersebut menggunakan speaker aktif untuk menyuplai beberapa speaker tambahan. Ya jelas mudah sekali cepat rusak wong tidak sesuai dengan kemampuan spesifikasi speaker aktif tersebut.

 Kemudian arahan pada instalasi, yaitu ketika menyambung speaker jangan sampai kabel out sepeker + terhubung dengan ground. Karena speaker aktif ketika dalam keadaan menyala ketika out spk terhubung ground transistor final akan jebol.
Baca juga: Cara mengatasi amplifier keluar tegangan DC di outspeaker
Itulah tips agar memperbaiki speaker aktif tetap awet. Semoga bermanfaat!!!

by:soldiradem blog

0 Response to "Tips Sederhana Memperbaiki Speaker Aktif agar Tetap AWET"

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan topik,diberi nama, tanpa meninggalkan link aktif yang bersifat promo!!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel