Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara masuk SERVIS MODE TV SHARP Piccolo Slim Tanpa remot

Cara masuk SERVIS MODE TV SHARP Piccolo Slim 21ES253E2 tanpa remot
Cara masuk SERMOD TV SHARP Piccolo Slim 21ES253E2 

Masuk kedalam factory mode pada tv biasanya untuk kebutuhan mengatur beberapa hal; setting warna dan setting layar tv kurang penuh atas-bawah dan samping kiri-kanan. Selain itu, ada beberapa hal yang meski harus masuk ke dalam Servis mode terutama tv sharp. Tentu ini bukan untuk disalahgunakan karena bisa saja tv yang awalnya TV normal malah jadi berantakan. Mengubah beberapa parameter pada bagian sermod TV SHARP Piccolo slim bisa berakibat cacat tampilan warna, tidak ada suara, program hilang dan gambar berantakan.

Sermod pada TV SHARP Piccolo slim bisa dilakukan tanpa menggunakan remot sekalipun asalkan pada tombol di body tv masih berfungsi normal. Untuk mengatur parameter yang ada di dalam sermod bisa dialkukan sepenuhnya menggunakan tombol di tv; menu ch+, ch-, vol+ dan vol-. Jadi jangan khawatir jika TV SHARP Piccolo Slim anda remotnya sudah hilang. 

TV SHARP Piccolo ada dua jenis yaitu TV SHARP Piccolo dan Piccolo slim. Namun untuk masuk ke sermod sama saja.

Langkah masuk servis mode TV SHARP Piccolo slim 

Pertama posisikan tv dalam keadaan tidak menyala. Tidak tersambung ke jala listrik. caranya matikan melalui tombol power yang di tv bukan di remot.

Kedua Pencet tombol di tv yang bertuliskan VOL - dan CH + secara bersamaan dan ditahan. 

Pastikan tombol terpencet dengan baik. 

Tahan kedua tombol tersebut kemudian nyalakan tv. 

Ketika sudah masuk ke servis mode, tv akan tidak ada suara. Lepaskan tombol. Tanda ketika anda sudah sampai pada servis mode adalah ada tulisan INFO pada bagian pojok atas kiri. dan ada keterangan MASK :ZZ ,SOFT: 1.00, CHK, CHK.  

Baca juga:Cara memperbaiki TV SHARP Piccolo slim kadang mati sendiri

Setiap halaman Servis mode memiliki fungsi yang berbeda. Untuk berpindah halaman satu ke halaman lainnya gunakan tombol Menu. Jika tidak bisa pindah menggunakan tombol menu di remot bisa menggunakan tombol menu di tv. 

V- dan V+ untuk mengubah nilai parameter.

CH- dan CH+ untuk berpindah ke bawah dan keatas pengaturan parameter menu yang ingin diubah.

CUTOFF/BKGD untuk pengaturan warna dan kelebaran gambar. 

untuk berpindah fungsi bisa menggunakan CH- dan CH + mencari parameter yang diinginkan. 

Ketahui untuk masing-masing istilah.  

Cara mengatur kelebaran layar di TV SHARP Piccolo slim

Untuk melebarkan keatas dan kebawah anda bisa mencari menggunakan tombol ch+ dengan nama menu V-size. Jika gambar ternyata kurang keatas atau kebawah gunakan V-linear. anda harus teliti karena di dalam servis mode ini ada dua istilah yang sama. maka dari itu anda harus memahami angka awal terlebih dahulu jika nanti salah kembalikan ke angka aslinya. Jika kebetulan ada dua istilah maka gunakan yang berfungsi saja.

Jika kekurangan lebar kiri dan kanan anda bisa masuk ke menu h-size. H-Size digunakan untuk melebarkan kiri kanan layar Tapi kadang tidak bekerja jika kerusakan terjadi ketika habis ganti flyback yang tidak ori dan juga kerusakan pada bagian hsize yang biasanya terjadi pengurangan capasitas di bagian capasitor horizontal TV SHARP.

Biasanya jika anda tidak mengganti komponen apapun parameter pabrik tidak akan berubah sehingga kerusakan terjadi pada komponen bukan pada program. untuk lebih aman anda harus mencari penyebab kerusakan gambar kurang lebar. sedangkan anda yang orang awan tidak mengerti tentang elektronika, melebarkan gambar melalui servis mode adalah jalan sementara. karena pada akhirnya jika nilai komponen yang berubah seiring waktu akan rusak lagi. 

Pengaturan Warna di TV SHARP Piccolo slim melalui sermod

Ketika tv anda mengalami kerusakan dominan dari salah satu warna red green dan blue, anda bisa menggunakan parameter di dalam sermod. Ini hanya bersifat sementara dan jalan alternatif. Jika anda beruntung pengaturan melalui sermod ini bisa bertahan lama. Karena sejatinya seperti yang saya katakan di atas bahwa parameter di dalam servis mode tidak akan berubah sendiri kecuali penggantian komponen, kerusakan komponen dan ic memori diganti baru. 

Pengaturan warna di servis mode TV SHARP Piccolo kita menggunakan program menu CUTOFF/BKGD. 

Anda bisa menggeser menu dengan cara menggunakan nomor di remot dan juga bisa menggunakan tombol ch di body tv. Contoh penggunaan nomor di remot. 

  • Angka 1 R-C Untuk setting warna Merah
  • Angka 2 G-C Untuk setting warna Hijau 
  • Angka 3 B-C Untuk Setting warna Biru

Setelah selesai dengan parameter yang ingin anda setting simpan pengaturan dengan cara masuk ke mode info atau kembali ke awal tampilan servis mode kemudian baru matikan perangkat tv  kembali menggunakan tombol power di tv ataupun langsung dicabut dari streker. 

Ingat! ini bukan untuk mainan jadi daripada berantakan lebih baik jangan otak atik tv jika dalam keadaan normal. 

Demikian cara membuka servis mode pada TV SHARP Piccolo Slim tanpa remot. Semoga bermanfaat!! 

Baca juga :cara memperbaiki sharp Piccolo slim protek

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG I have expertise in the field of electronics, especially in repairing TVs, audio equipment, and satellite dishes. I have been immersed in the world of electronics since 2014 until now. I write about my discoveries through a blog at www.soldiradem.com since 2016.

Posting Komentar untuk "Cara masuk SERVIS MODE TV SHARP Piccolo Slim Tanpa remot"