Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Belajar Mencari Persamaan Transistor

Belajar Mencari Persamaan Transistor
Belajar Mencari Persamaan Transistor 

Soldiradem Blog -
Terkadang saat darurat kita menggunakan transistor pengganti dengan asumsi bahwa perangkat yang kita perbaiki bisa menyala. Ya! itu tidak masalah jika kita berpengalaman untuk asal ganti yang penting hidup. Tapi sungguh petaka ketika terjadi kesalahan sistem lagi karena ada aliran yang berbeda sehingga menyebabkan komponen lain menjadi mati. Apakah ini juga ada hubungannya dengan nasib baik dan buruk, atau keberuntungan? Ya tentu kadang pengalaman bisa bernasib lain. 

saya tidak muluk-muluk untuk mengerahkan tenaga saya menjelaskan secara teknis mengenai persamaan transistor, karena dulu ketika pertama kali memahami persamaan transistor saya hanya mengandalkan persamaan kaki. Yaitu dengan melihat jenis transistor NPN atau PNP kemudian jika letak kakinya tidak sama bisa digencel. Dan ini adalah contoh yang buruk. 

Setidaknya kesamaan berdasar pada daya maksimum dan minimum range tegangan. Jika asal ganti tapi tidak mengetahui tegangan sebuah transistor bisa berakibat fatal jika diletakkan dengan komponen pendukung ic dan juga bekerja di area tegangan tinggi. 

Prinsip dasarnya jika tidak ada persamaan secara spesifikasi bisa menggunakan persamaan kaki dan jenis transistor. Kemudian acuannya pada tegangan maksimum dan minimum. Untuk masalah range frekuensi pada transistor juga bisa lebih akurat jika mendekati. Frekuensi penting untuk beberapa rangkaian dan kadang tidak penting di beberapa jenis rangkaian. 

Tentu harus logis dong! Masak transistor dengan body besar diganti body kecil. Tentu kada secara space pun akan mengalami masalah. Tapi beberapa memang bisa digantikan oleh transistor dengan body lebih besar seperti misalnya tip 41 42 diganti dengan transistor tip 3055 dan 2955 di rangkaian power amplifier OCL. Tapi hal ini tidak berlaku pada beberapa rangkaian yang lain misalnya di SMPS. 

Sekarang internet sudah ada tinggal bagaimana kita pintar memanfaatkan. Cari data site transistor yang ingin diganti. kemudian cari transistor persamaan berdasar pada polaritas npn/pnp, huruf depan, kemudian bentuk, baru kaki kemudian hal teknis dari tegangan sampai frekuensi. 

Tidak ada jaminan apapun menggunakan cara versi saya. Karena setiap orang memiliki pengalaman berbeda dalam mencari persamaan transistor. 

Kita tahu sebenarnya persamaan transistor sangat sensitif untuk diganti tidak sesuai dengan aslinya terutama pada bagian blog seperti SMPS. Oleh karena itu pertimbangan untuk mengganti pada blok sensitif sangat menjadi perhatian apakah bisa atau tidak. Tahan lama atau tidak. Jangan sampai spek yang digunakan memiliki perbedaan data site sangat jauh. Karena ini bisa menentukan kualitas jasa yang kita jual sebagai enginer. 

Demikian semoga bermanfaat!!

Baca Juga: 

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Hobi dengan dunia elektronika. Dan blog ini menjadi catatan pengalaman dalam memperbaiki perangkat elektronik. Soldiradem Blog sebuah situs catatan Pengalaman dan keterampilan yang saya pelajari.