Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Penyebab Transistor Regulator TV China Jebol Terus

Penyebab transistor regulator tv china jebol terus - Sepertinya tv china masih mendominasi pasar saat ini sehingga kita sering menemukan kasus tv china. Kali ini saya membahas tentang penyebab transistor regulator tv china jebol terus. Dimana kerusakan ini sangat sering terjadi, bagaimana cara mencegahnya dan apa saja faktor penyebab kerusakan transistor sehingga kita bisa rugi karena habis diganti dengan yang baru kita sudah kehilangan lagi. 

Gejala kerusakan 

Ada dua tanda kerusakan pada transistor ragulator tv china yaitu mati total dan tv ketika dihidupkan akan mengakibatkan mcb jeglek. 

Keduanya sebenarnya sama yaitu kerusakan pada transistor regulator namun bedanya ketika gejalanya ngetrip atau mcb jeglek tandanya bahwa transistor short sedangkan ketika transistor putus biasanya elko 450 volt masih menyimpan tegangan dan tidak mengakibatkan mcb jeglek. 

Penyebab transistor regulator rusak 

Saat anda mengganti transistor regulator tv china harus berhati hati agar lebih hemat. karena beberapa kejadian kerusakan transistor regulator bukan hanya rusak transistor tersebut kita juga harus memastikan komponen pendukungnya mengalami kerusakan agar transistor bisa awet. 

Faktor awet dan tidak nya transistor bisa dipengaruhi juga kualitas transistor.

Setelah pasti transistor ori mari kita selidiki beberapa penyebab transistor regulator short. 

1. Elko besar 450 volt 

Penyebab Transistor Regulator TV China Jebol Terus

Sebelumnya saya tidak percaya bahwa penyebab kerusakan transistor regulator bisa disebabkan oleh elko ini. Ternyata jika dilogika bisa juga karena arus yang diterima oleh transistor menjadi tidak stabil akhirnya transistor regulator mengalami kerja berat untuk menyetabilkan tegangan ke output. Jika anda mengalami kerusakan beberapa menit atau jam transistor regulator langsung jebol lagi bisa karena kerusakan pada elko 450 volt ini. 

Baca juga: cara paling sederhana memperbaiki tv mati total (matot)

2. Capasitor colektor 

Capasitor ini terhubung langsung dengan colektor seperti horizontal ketika capasitor ini short bisa mengakibatkan transistor regulator jebol. Tanda secara fisik terlihat terbakar berwarna coklat warna originalnya adalah warna biru berukuran 691p ada juga yang menggunakan 471p.

3. Ada kerusakan bagian output/primer

Dari beberapa kasus kita juga menemukan kerusakan diluar kerusakan dari bagian primer. Jika terjadi kerusakan terjadi pada b+ drop kemungkinan terjadi short pada bagian blog hioorizontal. karena bagian inilah yang menyerap daya besar dari regulator tv. 

Baca juga: Cara mendeteksi penyebab kerusakan b+ drop 

4. Tegangan Basis 

Tegangan basis ini adalah sumber input jika tegangan basis over bisa mengakibatkan kerusakan regulator tv short. Penyebab tegangan basis regulator tv china over adalah kerusakan pada bagian transistor driver dan komponen pendukung. Ada beberapa dioda dan transistor driver. Cek satu persatu pada bagian dioda dan transistor driver ini ketika terjadi over tegangan basis transistor regulator. Tapi yang perlu anda ketahui bahwa basis ini mendapatkan sinyal dari feedback dari optocopler sehingga ketika terjadi kekurangan tegangan bisa mengakibatkan Over pada tegangan b+ 115 volt. 

Tegangan over pada b+ bisa mengakibatkan kerusakan pada bagian horizontal jika dibiarkan terlalu lama kerusakan bisa terjadi pada transistor regulator. 

Baca juga: Memahami Blok ragulator TV China

Demikian semoga bermanfaat!!!

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Hobi dengan dunia elektronika. Dan blog ini menjadi catatan pengalaman dalam memperbaiki perangkat elektronik. Soldiradem Blog sebuah situs catatan Pengalaman dan keterampilan yang saya pelajari.

Posting Komentar untuk "Penyebab Transistor Regulator TV China Jebol Terus "