Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memperbaiki Lampu LED Mati Tanpa Solder

Cara memperbaiki lampu LED Mati - Apakah anda sedang mengalami kerusakan lampu LED di rumah? Mungkin ini bisa menjadi artikel referensi dalam memperbaiki lampu led di rumah anda. LED di rumah rusak mati, sayang sekali jika dibuang mereknya seperti Philips dan lampu mahal lainnya. 

Gejala kerusakan lampu LED yang sering terjadi Yaitu meledak, lampu LED mati, dan bahkan Lampu LED konslet menyebabkan MCB anjlok. Atau mungkin tanpa tanda-tanda sebelumnya, tiba-tiba lampu LED mati atau hanya menyala redup. Jangan khawatir, meskipun tampaknya masalah ini sulit diatasi, lampu LED Anda masih bisa diperbaiki dengan cara yang sangat sederhana.

Perlu diketahui bahwa memperbaiki lampu LED akan lebih mudah dibandingkan dengan lampu jari-jari. Hal ini karena lampu LED menggunakan tegangan DC biasa, sedangkan lampu jari-jari tidak pasti berapa volt yang digunakan meskipun sudah diukur pada bagian outputnya. Jadi, jangan buang lampu LED Anda dan cobalah untuk memperbaikinya sendiri.

LED (Light Emitting Diode) adalah sebuah teknologi cahaya yang memanfaatkan dioda untuk menghasilkan cahaya. Lampu LED merupakan salah satu pilihan terbaik untuk menghemat daya listrik, karena dioda yang digunakan memiliki daya yang lebih rendah dibandingkan dengan lampu lainnya. LED memiliki dua kutub, yaitu anoda dan katoda, yang berfungsi sebagai kutub positif dan negatif.

Led juga memiliki polaritas, sehingga harus dipasang dengan benar agar tidak terjadi kerusakan. Selain itu, LED juga sangat sensitif terhadap lonjakan arus, sehingga harus diperhatikan ketika menggunakannya.

Terdapat dua jenis lampu LED berdasarkan sistem suplai kerjanya, yaitu lampu LED 220V dan LED DC 5V yang memanfaatkan baterai. Kedua jenis ini memiliki cara kerja yang sama, namun yang membedakan adalah sistem suplai yang digunakan. Selain itu, terdapat juga jenis lampu LED biasa dan lampu LED emergensi. Lampu LED biasa mungkin lebih mudah diperbaiki karena rangkaiannya lebih sederhana, namun lampu LED emergensi memiliki rangkaian yang lebih rumit.

Alat dan bahan untuk memperbaiki lampu LED Mati 

Sebelum melangkah ke cara memperbaikinya, persiapkan alat dan bahan seperti; solder, multitester, tinol komponen dioda, resistor, dan elco 100v-160v.

Anda juga bisa menggunakan alat seadanya apabila tidak memiliki alat servis seperti multi tester dan solder, nanti pada tahap ini anda bisa langsung menuju memperbaiki lampu led tanpa multitester pada bab 5.

Sebenarnya dengan anda memiliki sebuah solder akan memudahkan nanti saat membutuhkan sodering pada komponen led, dan mencopotnya. Namun LED smd biasanya akan mudah dilepas dengan cara menghancurkan LED menggunakan tang potong dan sejenisnya, atau bisa juga dicongkel menggunakan obeng. 

Cara memperbaiki led mati menggunakan tester maupun tanpa tester

 1. Cara Memperbaiki jenis lampu LED 220V mati

Menggunakan LED 220AC akan memberikan pengalaman yang berbeda dalam mencahayi ruangan Anda. Dengan sistem yang sama, hanya jumlah LED yang digunakan yang membedakan ukurannya, Anda dapat menikmati cahaya yang lebih terang dan hemat energi.

Sistem kerja Lampu LED 

Pada bagian primer(input), kita akan menemukan dua komponen penting yaitu Dioda, resistor dan capasitor ukuran 450 volt. Resistor yang terletak di bagian input memiliki fungsi sebagai pembatas tegangan AC 220 dengan ukuran 474 atau 470k ohm untuk mengontrol jumlah tegangan yang masuk. Selain itu, kita juga akan menemukan sebuah capasitor ukuran 115j 400v yang berfungsi sebagai stabilizer arus masuk ke rangkaian LED.

Setelah melewati resistor pembatas tegangan, arus akan langsung menuju dioda bridge yang berfungsi untuk mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC atau plus dan min.

Di selanjutnya, arus akan melewati elko filter sebagai stabilizer output dari dioda bridge dengan ukuran 47-100 uf 450v.

Selanjutnya, ada sebuah resistor lagi dengan ukuran 70 yang berfungsi untuk menahan arus menuju LED.

Dan akhirnya, tegangan akan sampai ke LED. LED dirakit secara seri sehingga lebih tahan terhadap arus yang lebih tinggi.

2. Gejala kerusakan dan cara memperbaiki lampu LED 

Gejala; LED tiba-tiba mati total tanpa gejala apapun, tanpa ada ledakan dan tanpa bau terbakar.

Untuk memastikan Tegangan masuk ke rangkaian, pastikan untuk melakukan cek pada resistor pembatas AC220 dengan ukuran 470k ohm. Gunakan ohm meter untuk memeriksa satu per satu LED yang ada. Bagi yang tidak memiliki alat multi tester, Anda juga dapat mengecek secara visual dengan melihat bercak hitam pada micro LED. Ingat, jika salah satu LED putus, maka semua LED akan tidak bekerja pada jenis yang dirakit secara seri. Namun, pada jenis yang dirakit secara paralel, mungkin saja masih ada lampu yang menyala meski salah satunya tidak menyala.

Cara memperbaiki lampu led emergensi mati
cara cek lampu led mati atau normal


ukuran komponen lampu led elko meledak
elko rusak
SOLUSI; Ganti elco dengan yang berkualitas bisa juga menggunakan elco maksimal volt yang lebih tinggi.

Gejala; Mcb jeglek ketika lampu dihidupkan
Solusi; ganti dioda bridge.

Gejala; Komponen LED mati satu Mengakibatkan gejala LED mati total.
Solusi ; Buang cungkil menggunakan obeng pada lampu LED yang mati. Kemudian satukan kedua kaki LED mati tersebut menggunakan timah, di jemper menggunakan kabel.

3. Cara memperbaiki Lampu LED emergency mati

Lampu darurat adalah peralatan yang sangat penting untuk membantu menerangi ruangan saat terjadi padam listrik. Ada dua jenis model lampu led emergency, yaitu yang terhubung ke sumber listrik AC 220V dan yang ditempel pada dinding. Namun, kali ini kita akan membahas tentang model lampu emergency yang digabungkan dengan lampu led biasa. Fitur utamanya adalah ketika listrik menyala, maka lampu utama akan menyala, namun jika listrik padam, maka lampu emergency akan menyala untuk memberikan cahaya. Model ini sangat populer di pasaran saat ini.

Sayangnya, lampu led yang digabungkan dengan lampu biasa sering mengalami kerusakan. Hal ini disebabkan karena ketika listrik menyala, maka secara otomatis baterai akan terisi. Namun, baterai memiliki batas waktu yang ditentukan, sehingga sering terjadi kerusakan pada resistor yang menuju baterai, sehingga led yang berfungsi sebagai lampu emergency tidak bekerja ketika terjadi kerusakan pada sistem baterai. Oleh karena itu, jika Anda ingin memiliki lampu darurat yang lebih awet, sebaiknya pilih model yang ditempel pada dinding.

Cara memperbaiki led emergency 

 Untuk memperbaiki lampu LED yang tidak bekerja dengan baik, pertama-tama lakukan pengecekan pada resistor pertama dengan menggunakan multitester. Cek soket kabel listrik AC 220V yang berukuran sekitar 334, jika tertulis 334, berarti ukurannya adalah 330k ohm. Namun, jika tertulis 474, maka ukurannya adalah 470K ohm. Ingat, ukuran resistor ini harus disesuaikan dengan daya LED yang digunakan, sehingga tidak sama untuk setiap watt-nya. Namun, ukurannya tidak jauh dari nilai 100k ohm lebih, karena resistor ini berfungsi sebagai pembatas arus yang masuk ke dalam rangkaian dalam bentuk AC.

Selanjutnya, cek dioda bridge dengan cara mengecek secara pasif/tidak terhubung ke rangkaian. Lepaskan dioda bridge dengan menggunakan solder baru, kemudian bisa dicek secara pasti. Dioda bridge pada lampu LED sejenis biasanya menggunakan komponen SMD, sehingga perlu ketelitian saat mencopot komponen yang berada pada board lampu, terutama dioda.

Kemungkinan lain adalah elko yang kering. Ukurannya sekitar 47uf 100v. Ini biasanya terjadi jika lampu LED mengalami kerusakan dan led redup.

Lakukan observasi pada LED apakah ada yang terlihat hitam terbakar pada bagian tengah LED. Jika ya, berarti LED mati. Jika rangkaian LED dirakit secara seri dan mati salah satu LED, maka semua tidak akan bekerja. Silahkan ganti jika ada. Namun, jika tidak bisa langsung menjumper dengan dioda biasa atau langsung disambung, hendaknya memperbesar nilai resistor pembatas dari output dioda bridge menuju LED untuk memperpanjang umur LED. Namun, jika tidak ada resistor pengganti, tidak masalah. Seperti gambar dibawah ini.

Cara memeprbaiki lampu led mudah

Ketika listrik mati, lampu emergency tidak menyala? Ini mungkin disebabkan oleh kerusakan pada baterai atau LED. Namun, perlu diketahui bahwa lampu emergency memiliki dua rangkaian LED yang terpisah, sehingga perlu pemahaman yang baik untuk menentukan mana yang merupakan lampu emergency dan mana yang merupakan lampu utama.

Untuk memastikan bahwa LED tidak mati, gunakan multitester untuk mengecek semua lampu LED. Meskipun bentuknya masih bagus, ternyata ada LED mati. Tanpa multitester, kesempatan untuk memperbaiki lampu LED akan mencapai 50% kegagalan.

Memperbaiki lampu LED biasa yang rusak akan lebih mudah dibandingkan dengan lampu emergency yang digabungkan dengan lampu biasa. Karena rangkaiannya akan menjadi lebih kompleks dan memerlukan pemahaman yang lebih baik. Namun, masih banyak jenis kerusakan lain yang mungkin terjadi pada lampu LED. Model lampu LED masih banyak dan kerusakannya pun beragam.

5. Cara mengetahui LED rusak tanpa tester

Ingin memperbaiki lampu LED atau jenis emergensi, tapi tidak memiliki alat ukur untuk mengetahui LED SMD yang rusak? Jangan khawatir, kita bisa menganalisa kerusakan LED tanpa menggunakan multitester! Namun, perlu diingat bahwa hasilnya adalah fifty-fifty karena ini adalah teknik asal tebak.

Pertama-tama, pastikan apakah kerusakan terjadi pada mesin atau LED. Carilah gejala kerusakan seperti konslet atau tiba-tiba mati. Biasanya pada lampu murah, akan terjadi ledakan saat kerusakan terjadi. Jika dilihat secara kasat mata, ada komponen pendukung yang pecah atau terbakar.

Setelah dipastikan tidak ada komponen yang meledak atau terbakar, kita bisa yakin bahwa kerusakan terjadi pada LED. Kerusakan LED SMD sangat mudah dikenali tanpa alat ukur. Kerusakan akan terlihat seperti warna coklat atau titik hitam seperti terbakar di tengah-tengah.

Cek seluruh lampu LED apakah ada tanda-tanda kerusakan yang disebutkan di atas. Untuk melepaskan lampu LED, cukup congkel hingga pecah, dan pastikan konektor keduanya terlepas. Kemudian gantilah dengan LED baru.

Jika tidak memiliki penggantinya, dioda bisa digunakan untuk mengganti LED yang rusak. Namun, hasil dari percobaan beberapa hari yang lalu menunjukkan bahwa lampu LED yang rusak bisa disambungkan dengan menggunakan tinol. Apabila hanya LED yang dicongkel yang rusak, maka lampu akan menyala normal. Namun jika lampu LED masih mati, cek lagi LED lainnya, mungkin masih ada yang terlewatkan.

Apakah cara memperbaiki lampu led seperti ini bisa awet? 

Mungkin Anda pernah mengalami lampu LED yang rusak dan bingung bagaimana cara memperbaikinya agar awet. Faktanya, kualitas lampu LED yang awet sangat tergantung pada kondisi komponen LED itu sendiri. Saya sendiri pernah mengalami kesulitan dalam memperbaiki lampu LED merek Philips yang mati, hanya bertahan beberapa hari saja setelah diperbaiki. Namun, lampu LED dengan harga yang lebih murah justru lebih awet ketika diperbaiki.

Komponen lampu LED memiliki voltase rendah yang sudah disesuaikan oleh desainer lampu untuk bertahan sesuai dengan jumlah komponen LED. Namun, jika kita mengurangi jumlah komponen LED, maka otomatis beban yang diterima oleh LED yang masih hidup akan lebih berat.

Lampu LED yang lebih awet untuk diperbaiki adalah ketika kerusakan terjadi pada komponen selain LED, seperti rasistor atau elko yang terbakar. Namun, jika LED yang rusak, sebaiknya diganti dengan LED yang sama dengan komponen LED aslinya agar lebih awet dan menggunakan daya yang sama. Sementara itu, mengganti lampu LED dengan dioda biasa mungkin dapat menggantikan beban dari LED yang mati, namun saya belum pernah melakukan eksperimen ini secara langsung.

Secara keseluruhan, cara memperbaiki lampu LED rusak tidak 100% berhasil karena tergantung pada kondisi kerusakan lampu LED tersebut. Namun, dengan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas lampu LED yang awet, Anda dapat membuat keputusan yang tepat dalam memperbaiki lampu LED Anda.

Demikian Cara memperbaiki lampu led mati semoga bermanfaat, cara ini tidak 100% berhasil karena tergantung dari kondisi kerusakan ampu led tersebut. 

Publish By: soldiradem
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Memiliki keahlian di bidang elektronika terutama dunia reparasi TV, Audio dan Parabola. Saya telah mendalami Dunia Elektronika mulai Tahun 2014 sampai sekarang. Saya menuliskan tentang penemuan saya melalui sebuah blog dengan alamat www.soldiradem.com sejak Tahun 2016.

7 komentar untuk "Cara Memperbaiki Lampu LED Mati Tanpa Solder"

Unknown 23 Agustus 2018 pukul 19.19 Hapus Komentar
Boss Saya beli lampu emergency merk intelegen 15 watt .. tapi yang nyala cuma lampu led tengah ... bagaimana cara biar lampu yang pinggir bisa nyala Bosss .. balas di email ini ya boss ... [email protected]
AnxgitoMMD 1 Desember 2018 pukul 18.59 Hapus Komentar
Saya mengguankan down light led produk china tapi sekarang nyalanya sangat redup... Gimana cara memperbaiki nya
OneShop 3 Desember 2018 pukul 12.28 Hapus Komentar
Kalau udah mati segera di kubur bos.heeee..., baru beli yg baru dijamin ok bos
Yohanesnasep 11 Juli 2019 pukul 19.16 Hapus Komentar
Gan mau tanya, elco lampu led saya 47uf 100v kembung, yg jadi masalah ditempat saya toko sparepart elektronik tidak ada yg jual elco 47uf100v, ada gak elco utk pengganti nya?kalau ada pakai yg ukuran brp? Thanks
Muhlisun TMG 16 Juli 2019 pukul 23.08 Hapus Komentar
bisa diganti dengan elko 47 uf 400v,,, atau yang penting diatas 100volt++ jika aslinya 100 volt. misal ada 47 uf 160 volt,
Muhlisun TMG 16 Juli 2019 pukul 23.09 Hapus Komentar
memang lampu led semakin lama akan bekurang kekuatanya ,sehingga apabila redup itu pasti terjadi terutama produk murahan.
Unknown 30 April 2020 pukul 20.02 Hapus Komentar
Kalo bohlam lampu LED 30 watt nyala kedip-kedip, masalah dimana ya, komponen apa yg mesti diganti??