Komponen TV Tabung yang Sering Rusak

Komponen tv tabung yang sering rusak bisa menjadi acuan untuk mempelajari cara memperbaiki tv. 

Tv tabung di masa sekarang permasalahannya hampir sama meskipun berbeda merek. Tapi perlu diketahui bahwa komponen tv tabung memiliki seri dan kekuatan yang berbeda.

Kita membutuhkan informasi komponen tv tabung yang sering rusak untuk membeli sejumlah stok komponen yang ingin dibeli mungkin sedang merintis usaha servis elektronik atau jual sparpart komponen apa yang laris. Latar belakang tersebut itulah saya menulis tentang komponen tv tabung yang sering rusak. 

Setiap merk tv memiliki komponen yang berbeda. jadi meskipun kerusakannya sama, belum tentu bisa menggantikan komponen dengan tv merk lain. 

Sebut saja pada area power suplay tv tabung setiap generasi memiliki prinsip yang berbeda. Ada yang menggunakan komponen IC STR dan ada yang menggunakan FET. Jadi dalm satu merk pun memiliki banyak perbedaan. Baca juga: bagian bagian tv tabung dan gambarnya

Tapi jika anda memiliki pengalaman yang sangat luas tentang tv akan memandang bahwa kerusakan bisa terjadi sebenarnya sama hanya memiliki nama yang berbeda. 

Komponen tv tabung yang sering rusak

Komponen TV Tabung yang Sering Rusak

Berikut ini merupakan komponen yang sebisa mungkin menjadi perhatian ketika terjadi gejala kerusakan. Dan setiap gejala kerusakan bisa menjadi tujuan untuk pengukuran komponen mana yang rusak.

1. Transistor horizontal 

Transistor horizontal memiliki peranan penting untuk membangkitkan tegangan tinggi dari flyback. Dan flyback adalah power suplay lapis kedua setelah regulator sekunder. Jadi apabila transistor horizontal mengalami kerusakan maka akan terjadi kerusakan tv mati total dan mati standbay. Bahkan bisa mengakibatkan kerusakan pada power suplay primer/ power suplay utama. 

Bagi anda yang ingin cadangan transistor horizontal bisa membeli transistor dengan seri 4998, C6090. 

2. Elco

 Elko merupakan komponen tv tabung yang sering rusak. Jika anda penjual ataupun teknisi ada baiknya jika menyediakan elko untuk tv. Untuk ukuran elko yang meski di stok diantaranya: 

1 uf50v, 47uf50v, 10uf50v, 100 uf50v, 470uf 50v/35v, 1000 uf 35v & 50v, 47uf160v, 10uf 250v. 

3. IC Vertikal 

Ic vertikal sering rusak karena memiliki kinerja panas dan memang tv tabung sering bermasalah pada ic vertikal. Untuk itu perlu membeli stok IC vertikal beberapa sering yang paling umum digunakan pada tv seperti La 78141, la 78040,

4. Flyback 

Flayback adalah komponen tv yang berfungsi untuk menyuplai ke berbagai hal salah pada fungsi utamanya adalah untuk memancarkan energi tegangan tinggi untuk CRT/Tabung. Selain menyuplai tegangan tingg ke tabung flayback juga bisa menjadi suplay untuk ic vertikal untuk beberapa jenis tv tabung. Oleh karena itu perlu di stok, lihatlah merk tv apa yang sering anda perbaiki. Flayback yang sering rusak adalah merk TV POLYTRON dan TV China

5. Kapasitor 

Kapasitor ada banyak macamnya. Untuk kapasitor tv sebenarnya sangat berhati-hati dalam memilih komponen yang berkualitas. Pasalnya jika pada blog horizontal memiliki masalah kapasitor pasti akan cacat tampilan dan kadang bisa saja mengakibatkan transistor horizontal rusak. 

6. Soket CRT 

Soket CRT bisa berkaitan dengan kerusakan pada warna tv. Meskipun terlihat sepele soket tabung sangat berperan penting. Beberapa contoh kerusakan yang sering dialami oleh soket crt: 

7. IC STR

IC STR sering digunakan pada power suplay primer tv merek SHARP, POLYTRON SANYO, Tapi untuk saat ini paling banyak menggunakan STR  adalah TV SHARP. Sehingga kita perlu stok STR tv SHARP. 

Untuk lebih lanjut silahkan baca: alat dan sparpart yang sering saya bawa saat servis tv panggilan

Itulah komponen tv tabung yang sering rusak. Kita jangan selalu terpaku pada komponen yang telah disebutkan karena beberapa kejadian kerusakan lebih komplek pada tv sering membingungkan. Tapi pada dasarnya kita mengacu pada blok komponen tersebut untuk memulai penyelidikan kerusakan tv tabung. 

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

Posting Komentar untuk "Komponen TV Tabung yang Sering Rusak"