Panduan Lengkap Cara Memperbaiki Speaker Aktif untuk pemula

Soldiradem Blog - Sebenarnya jika judulnya adalah panduan cara memperbaiki speaker aktif kurang tepat karena speaker aktif memiliki komponen yang berbeda-beda. Sehingga kita membutuhkan kata kunci yang lebih spesifik untuk mencari penyebab kerusakan speaker aktif dan cara memperbaikinya. Oleh karena itu kita hanya akan mengenali gejala kerusakan umum yang terjadi pada speaker aktif seperti speaker aktif mati total, mendengung, suara pecah, ada suara desis (nois), suara timbul gangguan lainnya. Dengan memiliki gambaran umum, anda bisa menyelami secara mandiri untuk dapat memperbaiki perangkat speaker aktif di rumah anda. 

Panduan Lengkap Cara Memperbaiki Speaker Aktif untuk pemula

Saya sendiri meskipun puluhan kali membuka dan memperbaiki speaker aktif dengan tipe yang berbeda saya masih banyak perlu belajar tentang mengatasi setiap gejala kerusakan. Karena bagaimanapun gejalanya sama belum tentu kerusakan komponen yang rusak sama pula. Namun dengan mengerti tentang permasalahan umum, kita menjadi lebih peka ketika terjadi kerusakan. Misalnya speaker aktif mati total, maka kerusakan terjadi pada power suplai. Dengan gambaran tersebut kita akan menuju ke blok bagian tersebut untuk memperbaiki apa yang salah dari tegangan power suplai. 

Maka sekarang saya merangkum masalah kerusakan speaker aktif dan cara memperbaikinya. Lebih tepatnya panduan cara memperbaiki speaker aktif dengan kerusakan umum.

1. Cara memperbaiki Speaker aktif mati total

Ketika mendapati speaker aktif mati total kita bisa mencoba cek pada bagian jack dan terminal ac 220. terkadang arus tidak mengalir ke power suplai sehingga speaker aktif mati total. Speaker aktif di dalam ruangan kadang ditempatkan di bagian pojok ruangan sehingga tidak sadar jika kabel ternyata telah rusak di makan hewan pengerat sehingga kebel putus. Selain itu, kadang terjadi korosi pada bagian tembaga sehingga konduktor tidak dapat mengalirkan arus. coba cek menggunakan ohm meter apakah masih menyambung dengan bagian power suplai. 

Setelah anda melakukan langkah pertama, sekarang kita melangkah ke bagian dalam box speaker aktif. Arahkan multi tester anda ke fungsi pengukuran arus AC. Pastikan perangkat dalam keadaan saklar on, hubungkan steker ke terminal AC. Ukur pada bagian input, tepatnya di ujung kabel yang terhubung ke power supply. Jika jarum Voltmeter AC bergerak ke angka 220 v maka berarti kabel dan saklar normal. Bila yang terjadi sebaliknya ada dua kemungkinan yaitu saklarnya yang mati atau kabelnya yang putus.

Melangkah ke bagian output power supply. Ukurlah tegangan DC pada out power supply. Jika ada tegangan namun drop coba lepas beban power supply. Jika setelah dicopot ternyata normal berarti terjadi short circuit bagian power ampli maupun blog tone control. Jika yang terjadi sebaliknya maka bisa jadi power supply yang bermasalah. 

Kerusakan power suplai 

Jika menggunakan trafo coba cek tanpa beban dioda, yaitu posisi AC. Tegangan output trafo AC misalnya 25 VAC keluar,berarti trafo normal. Kemungkinan dioda, coba cek dioda biasanya permasalahan power supply tidak keluar tegangan bisa jadi adalah dioda bocor atau short.

Setelah beban power supply dicopot kok keluar tegangan normal. Yang pertama diperiksa adalah transistor final. Kebanyakan kasus short circuit pada speaker aktif yang menyebabkan hilangnya tegangan disebabkan oleh transistor final yang short ,kadang sampai terbakar. Atau bagi yang menggunakan penguat IC seperti tda 2030, ic tersebut short sehingga mengakibatkan power suplai tidak dapat mengeluarkan arus ke rangkaian lainnya. 

Transistor final biasanya terletak menempel pada pendingin alumunium. Menurut seri yang digunakan tergantung jenis amplifier. Kebanyakan speaker aktif rumahan menggunakan transistor final yaitu tip 41c, 42c. Bahkan speaker aktif sekelas polytron menggunakan jenis tr tip 41,42. Jika pasti transistor final short ,jangan lewatkan transistor driver c945,a733  biasanya ikut short juga.

Dioda bias 4148 jangan dilewatkan pemeriksaan kadang penyebab short transistor final disebabkan dioda bias terjadi short sehingga terjadi overload pada transistor buffer/driver sehingga membakar transistor final.

2. Speaker aktif tidak ada suara 

Jika menemui kerusakan lampu menyala namun speaker tidak bunyi, pertama langkah servis yang harus ditempuh adalah mengecek speaker, pastikan speaker dalam keadaan menyambung ketika diukur menggunakan OHM meter. Cek bagian kabel speaker karena kabel yang digunakan memiliki serabut yang sangat sedikit sehingga mudah putus ketika sudah lama digunakan. terutama pada bagian solderan konektor speaker. atau cek jeck molek pada bagian speaker siapa tahu hanya berkarat atau bagian solderannya retak. 

Cek tegangan power supply. Kadang ada speaker aktif yang jika tegangan ngedrop langsung protek seperti speaker polytron, sharp, dan jenis speaker aktif yang Power supply menggunakan SMPS/AC MATIC.

3. Speaker ada suara namun tidak bisa merespon input

Dengan kata lain bahwa, jika speaker aktif diberikan input dari mp3 tidak bunyi meski potensio sudah maksimum. Jenis kerusakan macam ini ada dua masalah yaitu;

Kesalahan Memasang jack input ke soket rca

Jika anda mempunyai speaker aktif dengan gejala ada suara namun tidak merespon input, periksa jack RCA  apakah sudah benar sesuai fungsinya. 

Biasanya terletak di belakang body speaker aktif. Input, output speaker dan output audio. Kesalahan menghubungkan jack ke soket akan berakibat fatal.  Misalnya jeck input masuk soket out speaker akibatnya akan terjadi pada Sumber input misalnya dvd.

Teknik yang digunakan dalam menangani hal ini, jangan hubungkan dulu jak yang menancap pada Sumber input, kemudian hubungkan jak ke soket input speaker aktif. Nyalakan speaker aktif bersamaan dengan itu sentuh ujung jack rca. 

 Jika ada respon berarti speaker aktif normal. Namun jika tidak merespon sama sekali berarti ada masalah lain.

Terkadang soket rca berkarat menyebabkan antara socket dan jack tidak tersambung. Bisa juga input tidak merespon disebabkan oleh selector. Karena sekarang ada fitur mp3 sehingga ada mode aux belum diprogram. Kalau model jaman dulu sebelum menggunakan perangkat mp3, menggunakan selector sistem tombol. Model menggunakan sistem dua in yaitu input dvd dan mp3 tertulis di masing-masing soket. Jadi pastikan saklar selector sudah sesuai dengan soket yang digunakan.

Jika penanganan tidak bisa teratasi dengan cara sederhana di atas maka masuk ke dalam bagian dalam mesin.

➡. Cek soket input apakah ada yang berkarat.

➡. Cek kabel input. Sentuh soket input yang terhubung dengan blog tone control. Bila merespon berarti soket bermasalah.

➡. Sentuh pada bagian tone control. Respon saat disentuh pada bagian tone control akan menunjukan permasalahan. Bila tidak merespon maka copot resistor output yang menuju blog amplifier. Sentuh input pada bagian input amplifier. Jika ada respon berarti tone control mati.

Tone control mati total disebabkan oleh :

Tegangan yang menuju tone control

Cek tegangan penyuplai tegangan tone control. Biasanya untuk jenis speaker aktif kelas menengah kebawah menyuplai tone control jadi satu dengan penyuplai amplifier. Namun untuk menyuplai tone control dibatasi resistor 10-100 ohm.

✔Transistor C945 mati
Kerusakan transistor pada bagian tone control ditandai ketika disentuh pada bagian blog tone control suara yang dihasilkan cenderung pelan. Dan respon nya pun ketika disentuh pada bagian tertentu.

✔Variable resistor input mati/volume

Potensiometer rusak di tandai jika disentuh pada bagian input tidak merespon. Namun apabila setelah melewati potensio volume di sentuh ada respon. Untuk memastikan kerusakan potensiometer agar lebih pasti, gunakan ohm meter.

4. Memperbaiki Speaker aktif Suara hanya dengung saja

Dengan kata lain, speaker aktif tidak merespon diberi input namun hanya bunyi dengung yang sangat keras sehingga daun speaker menjorok ke depan.

Jika gejala yang ditandai seperti itu kemungkinan adalah rusaknya transistor final, sehingga arus DC bocor ke speaker. Oleh karena itu jika anda menemukan gejala speaker aktif suara hanya dengung keras maka segera matikan perangkat. Jika diteruskan dalam keadaan perangkat menyala maka kemungkinan spul speaker akan terbakar oleh arus DC. Perlu anda ketahui bahwa ketika amplifier bekerja normal maka arus yang keluar menuju speaker adalah arus  AC.

Langkah pertama yang ditempuh adalah mencopot kabel speaker kemudian di tes menggunakan voltmeter DC. Jika jarum tester bergerak berarti menandakan bahwa ada arus DC bocor ke output ampli.
Yang paling sering terjadi kerusakan yang disebabkan oleh arus dc bocor ke output ampli adalah transistor final. Jika parah banget ditandai oleh terbakarnya komponen di blog amplifier.

Untuk mengatasi hal ini ganti semua transistor di blog amplifier. Seperti; TIP41,42 C, Bd139,140.,dioda bias, tr A733,C945,,perlu dicek satu persatu agar anda tahu dimana kerusakannya. Nanti akan berguna pada saat menemui kerusakan yang serupa.

5. Speaker aktif cacat tribel

Cacat trible ditandai dengan, suara pecah, serak, bunyi grek di twitter. Penyebabnya ada tiga macam yaitu

✔Pertama kerusakan terjadi pada tweeter

Untuk memahami kerusakan pada twitter perlu percobaan dengan cara mencoba twitter ke amplifier lain.

✔Kedua terjadi distorsi audio

Hal ini disebabkan oleh tone control kadang rusak. Atau bisa juga disebabkan oleh kapasitor pemfilter tribal biasanya menempel jadi satu di twitter. Capasitor pemfilter nada rendah ini tidak dapat menyaring nada mid dan low yang masuk ke sp twitter. Sehingga terjadi nada low dan mid masuk ke twitter. Kemungkinan kapasitor kering sehingga menyebabkan short.

✔Ketiga adalah arus dc bocor

Arus dc bocor kadang juga menyebabkan suara yang dihasilkan serak apabila arus yang bocor sedikit.
Pada intinya adalah memperbaiki speaker aktif yang paling sering terjadi kerusakan adalah rusaknya transistor final jenis TIP41c, TIP42c dan transistor bagian driver . Namun gejala yang ditimbulkan kadang berbeda-beda.

Silahkan lanjutkan ke; cara servis speakar aktif serak

Itulah beberapa referensi cara memperbaiki speaker aktif. Semoga berhasil!!!
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Saya memiliki pengalaman dan hobi di bidang elektronika terutama dalam memperbaiki TV, peralatan audio, dan parabola. Selain memperbaiki, saya juga suka merakit dan bereksperimen. Saya telah terjun di dunia elektronik sejak tahun 2014 hingga sekarang. Saya menulis pengalaman saya melalui blog di www.soldiradem.com sejak 2016.

6 komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Memperbaiki Speaker Aktif untuk pemula"

Achong 9 Agustus 2018 pukul 02.13 Hapus Komentar
Maaf gan mau tanya ni saya punya kit power speaker aktip merk Gats 350 wat pakai transistor Sanken 2sc2922
Waktu di pasang ada dengung kecil tidak lama kemudian panas di transistor lalu suara musik hilang hanya dengung besar apakah ada konsleting ga
Apakah beban arus terlalu besar
Saya pakai trafo 5 a.
Lalu pakai daya 18 v
Berhubung di kit power Suda ada 2 elco saya tidak tambah power suply
Terimakasih gan
Muhlisun TMG 9 Agustus 2018 pukul 08.57 Hapus Komentar
kemungkinan:
1.transistor sanken short, namun seharusnya jika transistor asli, disuplay 18v itu belum seberapa karena disuplay 60v sekalipun masih tahan. lalu apakah transistor bertuliskan sanken atau merek lainya. karena terkadang transistor bawaan kit speaker aktif tidak asli.


2. kemungkinana ketika penyambungan speaker ada kabel yang terhubungpada bagian out speaker.

untuk mengatasi hal tersebut, anda perlu cek transistor sanken mnggunakan ohm meter.dan memastikn bahwa itu mrupakan sanken asli atau palsu.
Unknown 6 Oktober 2018 pukul 07.42 Hapus Komentar
Numpang tanya gan....
Kemaren sya membeli ampli lengkap..
Tinggal memasang travo...
Setelah sya pasang, kluar dengung keras, dan travo kluar bau busuk..
Apa penyebab nya tu gan....
Guzhiel 12 November 2018 pukul 01.17 Hapus Komentar
Ka. Kalo dari jalur output speaker, keluar arus dc besar, sekitar 29volt lebih. Tp cuman sebelah.
Kenapa yah?
Mohon bantuannya. Makasih.
Guzhiel 12 November 2018 pukul 01.19 Hapus Komentar
Ka. Kalo dari jalur output speaker, keluar arus dc besar, sekitar 29volt lebih. Tp cuman sebelah.
Kenapa yah?
Mohon bantuannya. Makasih.
Unknown 17 Desember 2018 pukul 14.15 Hapus Komentar
Ganmau nanya. Saya beli spk aktv niko s2b, niatnya mau saya tambah spkr, tp malah fatal. Akibatnya yg bunyi cuma basnya saja, spk ygkecil buat treebel ga mau bunyi. Kira" yg rusak apanya gan?