Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Review SMPS 10 A Hanya seharga 87 Ribu di Shopee

Kali ini, Soldiradem blog mencoba menggunakan power supply jenis SMPS (switched mode power supply) untuk digunakan pada amplifier. Saya membeli rangkaian SMPS seharga 87 ribu di Shopee yang masih terdiri dari pcb dan komponen yang belum disolder. Spesifikasinya adalah 10 ampere tegangan 60v. 

smps murah di shopee

Saya memang sengaja membeli rangkaian yang belum disolder untuk mengasah kreativitas saya dalam merakit komponen dan harganya lebih murah daripada yang sudah jadi. 

Jika Anda berminat untuk membeli rakitan SMPS ini, Anda akan mendapatkan pcb dan komponen yang sudah dipasang di tempatnya. Kita hanya perlu menyoldernya saja, tetapi pastikan untuk memeriksa tata letak komponen sesuai dengan pcb. Anda juga harus rikues dengan tegangan berapa yang anda harapkan. Karena saya lupa menyertakan tulisan tegangannya, saya dikirimi supply 60 volt.

Membeli rakitan seperti ini tentu mengandung risiko, yaitu kemungkinan rakitan tersebut tidak menyala. Sedangkan jika Anda membeli SMPS yang sudah disolder, harganya akan jauh lebih mahal, yaitu sekitar 120 ribu. tetapi sudah diuji coba. 

Review SMPS 10 A Hanya seharga 87 Ribu di  Shopee

Jadi, membeli rakitan yang belum disolder ini adalah sebuah tantangan yang menantang nyali dan mempertaruhkan uang.

Tetapi, yang menyenangkan dalam dunia elektronika adalah proses merakit dan hasilnya. Justru proses inilah yang membuat hobi elektronika menjadi lebih kreatif.

Setelah merakit, SMPS yang saya buat akhirnya menyala dengan normal, meskipun ada insiden kecil, yaitu tercium bau komponen terbakar dan elco yang meledak

Hal tersebut terjadi ketika tegangan SMPS tanpa beban hampir mencapai 70 VDC, sedangkan komponen yang digunakan hanya elco ukuran 63 V. 

Elco tersebut hanya bertahan beberapa saat sebelum mengalami panas berlebih dan akhirnya meledak. Ini menunjukkan bahwa merakit komponen elektronika memang mengandung risiko, tetapi pengalaman yang didapat dari proses tersebut tidak ternilai.

Elco seharusnya menggunakan tegangan maksimal 100 volt atau lebih jika ingin membeli yang 60 volt karena sejatinya ini tidak bisa ditebak tegangan berapa jadinya. Jika ingin lebih awet, pada bagian fet diberikan pendingin yang lebih lebar. 

Mengenai spesifikasi dari yang tertera smps ini memiliki daya 10 ampere. Namun saya tidak menguji seberapa kuat arus yang mengalir maksimal. Namun bisa dibilang ini sudah bisa menghasilkan suara amplifier yang pulen daripada menggunakan trafo 5 ampere palsu di pasaran. 

Bagaimana apakah anda berminat untuk membelinya? Lumayan karena sudah dilengkapi tegangan ekstra 15v ct dan 12 volt. ini cocok jika anda membangun amplifier rumahan dan speaker aktif untuk menggunakan penguat mic mixer dan filter subwoofer. 

Demikian semoga bermanfaat! Resiko tanggung dari masing masing jika ingin membeli produk. karena saya hanya mereview. 


Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Memiliki keahlian di bidang elektronika terutama dunia reparasi TV, Audio dan Parabola. Saya telah mendalami Dunia Elektronika mulai Tahun 2014 sampai sekarang. Saya menuliskan tentang penemuan saya melalui sebuah blog dengan alamat www.soldiradem.com sejak Tahun 2016.

Posting Komentar untuk "Review SMPS 10 A Hanya seharga 87 Ribu di Shopee"